Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin dan Anggota DPR RI Dapil Kalsel Rifqinizamy Karsayuda, mendampingi kunjungan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono ke proyek pembangunan IPA SPAM Banjar Bakula di Banjarbaru. Foto – Istimewa

MEDIAKITA.CO.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono meminta agar proyek pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Banjar Bakula untuk segera dituntaskan.

Hal ini disampaikannya saat mengunjungi lokasi pembangunan di Jalan Pinus II Kelurahan Mentaos Kota Banjarbaru, Kamis (21/10/21) kemarin.

Permintaan menteri di kabinet Indonesia Maju ini sangat berdasar, agar IPA SPAM Banjar Bakula ini dapat segera dimanfaatkan masyarakat Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar serta Kabupaten Tanah laut (Tala).

“Ini untuk meningkatkan layanan dan akses air minum aman bagi masyarakat,” ucapnya.

Perlu diketahui, dengan kondisi layanan saat ini sekitar 30 persen, pembangunan IPA SPAM Banjar Bakula akan menggandakan layanan air minum perpipaan menjadi 80 persen. Sehingga sekitar 74 ribu pelanggan akan terlayani secara maksimal.

Dengan adanya SPAM Banjar Bakula ini, air yang berasal dari Bendungan Riam kanan dapat dialirkan dan dijernihkan sebagai air minum bagi masyarakat diempat kabupaten/kota tersebut.

“Semoga SPAM ini bisa cepat selesai sesuai target, atau bahkan bisa lebih cepat lagi,” ucap Basuki didampingi Anggota DPR RI di Komisi V Rifqinizamy Karsayuda.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono yang membantu penyelesaian fasilitas air bersih di Kota Banjarbaru, terutama untuk pembinaan PDAM Intan Banjar.

“Semoga dengan apa yang dibangun ini dapat bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat dan kita bisa memanfaatkan penggunaan,” tuturnya.

Seiring itu juga, Pemerintah Kota Banjarbaru memberikan dukungan kepada PDAM Intan Banjar, untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat yang belum terlayani.

Diketahui, pembangunan SPAM Banjar Bakula merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Pemprov Kalsel Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar serta Kabupaten Tala, melalui PDAM Intan Banjar sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK) Ditjen Cipta Karya dengan selaku Badan Usaha.

Untuk kegiatan bersumber dari APBN dikerjakan oleh PT Intan Mulya Multi Kencana, Ras Cipta Consultama Jasuka Bangun Pratama, Inti Mulya Multi Utama PT Antara Puspita dan PT Glori Cipta Muda Pratama sebagai kontraktor pelaksana. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *