http://mediakita.co.id/pgri-gradasi-salurkan-bantuan-pasca-banjir

By MEDIAKITA.CO.IDJUMAT, 29 JAN 2021, 09:40

PGRI dan Gradasi Salurkan Bantuan. Foto – Istimewa

MEDIAKITA.CO.ID– Aksi solidaritas dan empati kembali ditunjukkan oleh PGRI Kota Banjarbaru bersama GRADASI (Generasi Digital Indonesia) Kalimantan Selatan dalam membantu sesama korban banjir di Kalimantan Selatan.

Kali ini PGRI Kota Banjarbaru dan GRADASI menyalurkan bantuan di dua titik, yakni di Desa Mungguraya, Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar dan Handil Maluka dan Handil Babirik, Bumi Makmur Tanah Laut, pada Kamis (28/1/21).

Ketua PGRI Kota Banjarbaru Trihayat Ariwibowo menyampaikan, kegiatan ini sebagai kelanjutan dari aksi solidaritas dan empati dari para guru yang turut terpanggil untuk membantu warga yang terkena banjir.

“Hari ini kami kembali menyalurkan bantuan dari para donatur kepada masyarakat yang memerlukan pasca banjir besar kemarin,” kata Trihayat.

Disampaikan Trihayat, pemilihan kedua titik ini karena kedua wilayah ini sebelumnya terdampak sangat parah sehingga hampir seluruh warganya mengungsi keluar desa, hingga banyak yang mengungsi ke Kota Banjarbaru.

Bahkan saat kedatangan tim relawan dari PGRI dan Gradasi, banyak warga yang baru datang dari pengungsian terlihat lelah membersihkan rumah dan membereskan barang-barang lainnya yang rusak diterjang banjir.

“Kondisi warga sangat memprihatinkan, rumah mereka rusak, barang barang elektronik dan lainnya juga terendam air dan lumpur yang terbawa air turut mengotori rumah. Alhamdulillah bantuan dari para donatur sudah kami sampaikan, mereka (para warga) sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan,” ucap Trihayat didampingi relawan Gradasi.  

Sementara itu, Mashud, salah seorang relawan Gradasi mengaku terharu dan sedih melihat kondisi rumah dan lingkungan warga Desa Mungguraya.

“Saya tadi berbincang dengan warga, saat banjir terjadi air di dalam rumah ada yang mencapai 2 meter. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana mereka bertahan dengan kondisi seperti itu,” ungkap Mashud.

Meski demikian, ia mengaku bersyukur Gradasi bersama PGRI Kota Banjarbaru bisa sampai di sini guna menyalurkan bantuan bagi warga setempat.

“Semoga bermanfaat dan barokah,” tutur Mashud diamini relawan lainnya.

Dari pantuan mediakita.co.id di lapangan, kondisi air di Desa Mungguraya berangsur turun. Warga desa sudah banyak yang kembali ke rumah-rumah mereka. Namun di sekitar lingkungan warga masih banyak yang terendam air. Akses jalan utama masih tidak bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor. Untuk sampai ke lokasi, PGRI dan Gradasi harus menaiki perahu yang dikayuh oleh warga desa.

Kondisi ini membuat warga desa setempat masih belum bisa bekerja dengan normal seperti biasanya, mereka masih memerlukan bantuan dari para donatur seperti perlengkapan salat, buku-buku untuk anak mereka yang bersekolah, obat-obatan dan pemeriksaan kesehatan bagi para warganya. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *