http://mediakita.co.id/pgri-kkg-kelas-kota-banjarbaru-lakukan-trauma-healing

By MEDIAKITA.CO.IDMINGGU, 31 JAN 2021, 11:32

Trauma healing yang dilakukan PGRI-KKG Kelas Kota Banjarbaru menyasar anak-anak korban banjir. Foto – Istimewa

MEDIAKITA.CO.ID – Banjir besar yang melanda Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu masih dirasakan dampaknya oleh masyarakat sampai saat ini. Banyak rumah yang rusak dan masih terendam membuat para pemiliknya belum bisa kembali menempati rumah mereka. Bahkan sampai hari ini masih banyak pula warga yang mengungsi belum kembali ke daerah mereka. Seperti para pengungsi yang menempati SDN 5 Syamsuddin Noor Kota Banjarbaru.

Para pengungsi yang berasal dari kabupaten tetangga Kota Banjarbaru ini masih bertahan di pengungsian karena rumah mereka masih terendam air.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap para pengungsi, PGRI dan KKG Kelas Kota Banjarbaru memberikan bantuan sekaligus mengadakan Trauma Healing untuk anak-anak para pengungsi yang usia sekolah dan prasekolah, pada Sabtu, 30/01/2021.

“Alhamdulillah, PGRI dan KKG Kelas Kota Banjarbaru bisa datang memberikan bantuan kepada para pengungsi. Sebagian dari pengungsi ini adalah anak-anak usia sekolah dan pra sekolah sehingga perlu perhatian kita untuk pemulihan melalui trauma healing,” kata Novita, Relawan KKG Kelas Kota Banjarbaru.

Sebagai organisasi yang bersentuhan langsung dengan pendidikan, PGRI dan KKG Kelas Kota Banjarbaru merasa terpanggil untuk turut hadir dan membantu sesama warga yang membutuhkan. Bantuan yang diberikan tidak hanya berupa barang tetapi juga pendampingan psikologis melalui trauma healing.

“Trauma healing disini lebih pada bagaimana memulihkan dan mengembalikan kondisi mental anak-anak yang terkena banjir agar mereka tidak mengalami trauma ataupun kecemasan berkepanjangan yang nantinya mengarah pada defresi psikis. Dampaknya tentu saja bisa pada kesehatan fisik dan psikis,” terangnya.

Menurut PGRI dan KKG Kelas Kota Banjarbaru, melaksanakan aksi sosial peduli bencana banjir ini tidak hanya saat tanggap darurat saja, tetapi juga pasca banjir juga turut diperhatikan.

PGRI dan KKG Kelas Kota Banjarbaru berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan semangat pada anak-anak terdampak banjir. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini meliputi, kegiatan yang menghibur dan membuat anak-anak senang serta gembira seperti mendongeng, baca puisi, bernyanyi dan menari bersama, game ringan tebak-tebakan dan ada door prizenya juga.

“Kegiatan ini diikuti dengan penuh antusias, bukan hanya oleh anak-anak, namun juga orang tua dan para relawan yang berada di sana,” pungkas Novita.

Sementara itu, Ketua PGRI Kota Banjarbaru, Trihayat Ariwibowo menyambut baik kegiatan ini dan mendukung penuh program peduli pasca banjir yang dilaksanakan bersama KKG Kelas Kota Banjarbaru.

“Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi anak-anak dan para orang tua yang turut hadir menyaksikan, sehingga mereka memiliki semangat dan optimis untuk menjalani masa depan,” tutupnya. (fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *