Jalan berlubang di depan Samsat Banjarbaru ditutupi pelat baja dan diberi water barrier. Seorang pengendara roda dua nampak melihat kondisi jalan itu, hal ini dinilai dapat mengalihkan perhatian dan konsentrasi pengendara. Foto – Cherry

MEDIAKITA.CO.ID – Sebuah lubang yang berada di Jalan Panglima Batur atau tepatnya di depan Kantor UPPD Samsat Kota Banjarbaru, banyak dikeluhkan warga. 

Selain cukup dalam walaupun sudah di cor semen, pelat baja yang dijadikan sebagai penutup sementara lubang itu kerap bergeser. Hal ini dinilai dapat membahayakan para pengguna jalan yang melintas.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas PUPR Kota Banjarbaru melalui Kepala Bidang Bina Marga, Adi Maulana mengungkapkan bahwa awalnya, pihaknya menduga jalan itu berlubang karena disebabkan oleh kebocoran pipa PTAM. Namun, setelah dibongkar kata Adi, pihaknya menemukan penyebab lainnya.

“Kami mengira bahwa jalan di sana terjadi amblas karena kebocoran pipa PDAM (PTAM, red), ternyata bukan. Melainkan, akibat air yang menggerus badan jalan terus menerus,” jelasnya kepada Mediakita.co.id, Senin (3/4/23).

Menanggapi itu, Adi menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan perbaikan tahap pertama seperti perbaikan tanah dasar dan juga pengerasan sementara berupa cor semen.

“Saat ini lubang sudah ditutup dengan pelat baja, setelah itu pengerasan cor dan pengaspalan jalan ulang,” ujarnya.

Saat ditanya, apakah jalan itu akan diaspal ulang? Adi menjawab bahwa produksi aspal dapat berjalan satu sampai dua minggu ke depan untuk proses pengaspalan ulang.

“Kita masih menunggu produksi aspal selama seminggu hingga dua minggu kedepan dan mencari alternatif cara lain, agar meminimalisir bahaya dengan menutupi lubang-lubang di jalan menggunakan pelat baja,” pungkasnya. (chr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *