DPMPTSP Kota Banjarbaru menerima penghargaan predikat A (Prima) dari Kementerian PANRB. Foto – Tangkapan Layar

MEDIAKITA.CO.ID – Pekan kedua Maret 2022, Pemerintah Kota Banjarbaru kembali sukses menambah daftar raihan penghargaan dikancah nasional. Prestasi ini disematkan Kementerian PAN RB kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Banjarbaru sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Lingkup Pemerintah Daerah Tahun 2021.

Berdasarkan hasil evaluasi oleh Kemenpan RB terhadap sebanyak 514 DPMPTSP, Kota Banjarbaru menjadi salah satu dari 44 daerah yang mendapatkan predikat A. Raihan ini pun secara otomatis merupakan penghargaan ketiga yang diterima Kota Idaman pada 2022.

“Kita patut berbangga, karena penghargaan ini bersifat akselerasi,” ungkap Wali Kota Banjarbaru, HM. Aditya Mufti Ariffin, S.H., M.H., kepada Mediakita.co.id, Selasa (8/3/22) sore.

Wali Kota Aditya menerangkan, pada 2020 lalu, Kota Banjarbaru masih berada pada status predikat B. Dalam posisi itu, umumnya unit DPMPTSP harus mendapatkan predikat –A terlebih dahulu, sebelum akhirnya meraih predikat A.

Bahkan, sambungnya, tak sedikit yang harus bertahan terlebih dahulu pada posisi –A, sebelum akhirnya mendapatkan nilai Prima alias predikat A.

“Alhamdulillah, DPMPTSP Kota Banjarbaru dari B langsung mendapatkan predikat A (Prima),” tuturnya.

Aditya pun berharap, raihan penghargaan ini bisa menjadi pemacu semangat bagi DPMPTSP maupun instansi lainnya dalam mengemban dan melaksanakan amanah yang telah dipercayakan masyarakat Kota Banjarbaru.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Banjarbaru, Rahmah Khairita membeberkan proses evaluasi terdapat sejumlah indikator khusus yang menjadi penentu dalam penilaian. Rincinya, 6 indikator serta 37 variabel.

“Terima kasih kepada Wali Kota Banjarbaru dan Wakil Wali Kota Banjarbaru yang sudah memberikan kepercayaan dan dukungan kepada kami di DPMPTSP,” sebutnya.

Menurutnya, capaian prestasi ini menjadi bukti nyata komitmen DPMPTSP dalam memberikan pelayanan kepada khalayak luas. Meski begitu, ia tetap meminta seluruh jajarannya agar tetap meningkatkan segala layanan pada berbagai aspek.

“Sesuai dengan motto kami, kepuasan anda adalah kebanggaan kami. Maka kita harus mempertahankan atau bahkan meningkatkan layanan,” tekannya.

Sekadar tambahan, penyerahan Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik di Lingkup Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2021 itu digelar secara daring maupun luring. Bahkan, masyarakat umum dapat turut menyaksikan melalui tayangan siaran langsung YouTube Kementerian PANRB.

Selain 44 daerah yang mendapat raihan Prima atau predikat A, pengumuman itu juga menyampaikan hasil evaluasi terhadap 470 DPMPTSP dengan penilaian yang berbeda. Di antaranya, 66 DPMPTSP predikat –A, 122 DPMPTSP predikat B, 94 predikat –B, 168 DPMPTSP predikat C hingga F. (hns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *