Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin secara simbolis menerima bantuan dari BNPB Pusat RI yang diserahkan oleh Sekretaris BPBD Provinsi Kalsel Iswantoro. Foto – Tim

MEDIAKITA.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru kembali menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat RI.

Bantuan berupa 2 unit tenda, 2 unit perahu mesin, 1 unit Trailer Dapur umum dan Peralatan dapur umum ini diterima secara simbolis oleh Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, di Halaman Kantor BPBD Kota Banjarbaru Jalan Trikora, Jumat (24/12/21).

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin mengatakan bahwa bantuan dari BNPB ini sangat membantu dan bermanfaat bagi daerahnya, terutama untuk penanganan bencana di Banjarbaru.

Ia juga meminta kepada jajaran BPBD Kota Banjarbaru, untuk selalu sigap dan siaga akan bencana yang setiap saat bisa mengancam masyarakat, seperti kebakaran lahan dan hutan, banjir, angin kencang (puting beliung, red), dan tanah longsor bahkan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih ada.

“Bencana alam terjadi mendadak dan tidak dapat diprediksi, karena itu perlu adanya kelancaran komunikasi dan koordinasi antar lintas sektor,” tegasnya.

Mesin perahu tempel yang merupakan bantuan BNPB Pusat RI. Foto -Ardian

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Banjarbaru Zaini menyampaikan bahwa pihaknya akan memaksimalkan bantuan yang didapat dari BNPB ini.

“Untuk mesin tempel perahu, kami akan melakukan uji coba terlebih dahulu, agar saat digunakan dapat sudah diketahui cara kerjanya,” kata Zaini.

Sedangkan Sekretaris BPBD Provinsi Kalsel, Iswantoro menambahkan bahwa kedepan BPBD Kota Banjarbaru akan kembali diberikan bantuan.

“Namun, berdasarkan pembagian ini, terlebih dahulu dilakukan pengusulan ke pusat, kemudian diprioritaskan wilayah rawan bencana, termasuk Kota Banjarbaru,” tutupnya. (ard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *