Kawasan Jalan Panglima Batur dari depan Balai Kota sampai SMPN 2 Banjarbaru akan dibangun pedestrian. Foto – Dok. Mediakita.co.id

MEDIAKITA.CO.ID – Tinggal menghitung hari lagi, tahun 2022 akan segera tiba. Namun beberapa ‘pekerjaan rumah’ yang menjadi skala prioritas Pemerintah Kota Banjarbaru dibawah kepemimpinan Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin bersama Wakilnya, Wartono sudah menanti untuk segera dikerjakan.

Ditahun 2022 mendatang, pembangunan hingga penataan infrastruktur masih menjadi salah satu fokus Pemerintah Kota Banjarbaru.

Salah satu titik sentral pembangunan ialah Jalan Panglima Batur. Di jalan ini, Pemkot Banjarbaru bakal membangun pedestrian serta penataan taman pada kedua sisi jalan yang memiliki panjang sekitar 2 kilometer tersebut.

“Melalui Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru, Pemkot Banjarbaru akan memprioritaskan terkait trotoar (pedestrian) Panglima Batur,” kata Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin.

Khusus pembangunan pedestrian lanjut Aditya, bakal dibangun pada sisi kanan dan kiri Jalan Panglima Batur dengan panjang sekitar 500 meter, dari depan Balai Kota sampai depan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Banjarbaru.

Pekerjaan itu dilakukan guna memberikan wajah baru pada kawasan jantung Kota Idaman. Selain mempermudahan pejalan kaki, hadirnya trotoar atau pedestrian itu digadang-gadang bakal menarik daya minat wisatawan saat berkunjung ke Banjarbaru.

“Kita ingin memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pejalan kaki. Termasuk, bagi wisatawan saat berkunjung ke Banjarbaru,” ucapnya.

Pemkot Banjarbaru juga berencana membangun JPO di Jalan A Yani Km 34 Banjarbaru. Foto – Dok. Mediakita.co.id

Selain jalur khusus pejalan kaki, Pemkot juga berencana menghadirkan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Fasilitas itu bakal dibangun di Jalan A Yani Kilometer 34 yang menghubungkan antara Jalan Junjung Buih menuju Jalan Pangeran Suryanata atau sebaliknya.

Saat ini, pembangunan JPO itu telah masuk dalam proses perizinan ke Balai Jalan Nasional Kalimantan Selatan.

Diketahui, beberapa proyek tersebut masuk dalam 14 paket pekerjaan yang akan ditangani Bidang Bina Marga Dinas PUPR Banjarbaru pada 2022 mendatang.

“Bidang Bina Marga tahun depan ada 14 paket pekerjaan, dengan program prioritas PUPR bersama Pemerintah Kota Banjarbaru terkait tentang pembangunan JPO dan trotoar Panglima Batur,” terang Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru, Adi Maulana.

Masterplan pembangunan JPO di Jalan KM 34 Banjarbaru. Foto – Dok. Dinas PUPR Banjarbaru

Disamping pembangunan prioritas, Bidang Bina Marga memastikan tetap melakukan kegiatan rutin pemeliharaan jalan, pemeliharaan serta pembangunan saluran drainase hingga pengembangan jalan baru, terutama yang masuk dalam pengembangan kawasan metropolitan atau Aero City.

Secara detail, untuk pembangunan drainase akan dilakukan di Jalan Karya Bakti, Kecamatan Landasan Ulin. Sementara, untuk normalisasi drainase akan dikerjakan di kawasan Jalan Bina Karya, Kecamatan Banjarbaru Selatan serta Jalan Zamzam Jailani, Kecamatan Landasan Ulin.

“Normalisasi ini dengan mengembalikan fungsi drainase yang sebelumnya sudah ada atau dalam kondisi rusak, dengan meningkatkan dijadikan jalur lalu lintas dengan desain box culvert, jadi selain fungsi utama sebagai drainase bisa juga dilewati kendaraan,” tuntas Adi. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *