Vaksinasi Covid-19 dilakukan di dalam bus layanan vaksinasi keliling Banjarbaru Juara. Foto – Dok. Mediakita.co.id

MEDIAKITA.CO.ID – Upaya Pemerintah Kota Banjarbaru dalam percepatan vaksinasi dengan meluncurkan bus keliling mendapat apresiasi dari wakil rakyat di gedung parlemen.

Menurut pihak legislatif, hadirnya layanan vaksinasi keliling Banjarbaru Juara itu merupakan bukti gerak cepat sekaligus inovasi yang tepat untuk mendongkrak angka capaian vaksin sehingga terbentuk herd immunity di Kota Idaman.

“Komisi III DPRD Banjarbaru sebagai mitra kerja Dishub sangat mengapresiasi kepada Pemko Banjarbaru,” kata Wakil Ketua Bapemperda DPRD Banjarbaru, Nurkhalis Anshari saat dihubungi Mediakita.co.id, Senin (22/11/21).

Politisi muda PKS itu menilai, kehadiran bus vaksinasi keliling tersebut juga merupakan sebuah solusi bagi masyarakat yang memang terkendala jarak untuk menuju sejumlah fasilitas kesehatan yang sebelumnya juga disiapkan untuk menghelat vaksinasi gratis.

Dilain sisi, adanya bus vaksin juga dianggap mampu mendorong lapisan masyarakat yang masih khawatir atau risau jika bepergian ke rumah sakit maupun Puskesmas dalam mengikuti vaksinasi Covid-19.

Anggota Komisi III DPRD Kota Banjarbaru, Nurkhalis Anshari. Foto – Humpro DPRD Banjarbaru

“Atau bagi mereka yang tidak memiliki waktu dapat memanfaatkan keberadaan bus vaksin keliling tersebut,” tambahnya.

Nurkhalis juga berharap, layanan vaksinasi keliling tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi serta sosialisasi, sehingga masyarakat Banjarbaru bisa semakin sadar terhadap pentingnya vaksin sebagai pencegahan dini terhadap virus corona.

“Kita harapkan itu turut dilaksanakan. Semoga kedepan jumlah unitnya juga bisa bertambah,” tuntasnya.

Sebagaimana pemberitaan Mediakita.co.id sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru kembali berencana menambah jumlah armada dalam memberikan layanan vaksinasi keliling kepada masyarakat. Wacana ini mulai ditimbang mengingat tingginya antusiasi warga dalam mengikuti vaksinasi.

“Sementara ini kita mengerahkan dua unit bus. Ke depannya, kita rencanakan untuk menggunakan bus wisata untuk ikut bergabung dengan layanan vaksinasi keliling ini,” kata Kadishub Banjarbaru, A Yani Makkie.

Selain itu, ia juga memastikan bahwa akan selalu memantau sekaligus mengevaluasi sarana bus yang dipergunakan untuk layanan vaksinasi keliling, agar semakin nyaman untuk masyarakat.

“Sebelumnya kita sudah berkoordinasi dengan bapak Wali Kota dan Dinkes. Kemudian kita tindaklanjuti dengan mulai memodifikasi bus yang sebelumnya digunakan untuk angkutan perkotaan. Kita berharap masyarakat bisa terlayani dengan baik,” demikian kata pria yang memiliki hobi seni ini.

Diketahui, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan vaksinasi dari bus keliling ini hanya cukup membawa fotokopi KTP atau KTP asli sebagai syarat wajib administrasi.

Sementara itu, dalam layanan vaksinasi keliling ini, Pemkot Banjarbaru melalui Dinas Kesehatan Banjarbaru menyiapkan vaksin jenis Pfizer untuk penyuntikan dosis pertama maupun kedua, serta vaksin jenis Sinovac khusus dosis kedua. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *