Peningkatan kreativitas menulis cerpen dengan media koran pada siswa kelas IX

Penulis

  • Widarminto Widarminto SMP Negeri 4 Bontang

DOI:

https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.126

Kata Kunci:

kreativitas, menulis cerpen, koran

Abstrak

Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan alur cerita dan selanjutnya dirangkai ke dalam kalimat yang akhirnya dapat membentuk sebuah cerita pendek yang menarik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian adalah di SMP Negeri 4 Bontang. Subjek yang dikenai tindakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 4 Bontang yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media berita koran dapat meningkatkan prestasi serta minat belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 4 Bontang.

Referensi

Akmal, M. 2007. Nulis, yuk: cerpen novel bagipemula. Jakarta: LembagaPenerbit Fakultas UI.

Aminudin. 2009. Pandai Memahami dan Menulis Cerita Pendek. Bandung: Pribumi Mekar

Aminudin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Anindyarini, Atikah, dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta

Cahyani, Isah. 2012.Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Prodi Pendidikan Dasar SPs UPI

Endraswara, Suwardi. 2002. Metode Pengajaran Apresiasi Sastra. Yogyakarta: CV. Radhita Buana

Kemendikbud. 2010. Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Kasnadi, Sutedjo. 2008. Menulis Kreatif, Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadi Pustaka.

Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: CV. Yrama Widya

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual dan. Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Novakovich, Josip. 2003. Berguru kepada Sastra Dunia, Buku Wajib Menulis Fiksi. Bandung: Kaifa

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nuryatin, Agus dan Retno Purnama Irawati. 2016. Pelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Roekhan. 1989. Pengajaran Penulisan Kreatif Sanggar Sastra di Sekolah. Malang: HISKI Komisariat Malang.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta.

Sanaky, H. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada: Jakarta.

Sudjana. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukmandinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumiati.2020. Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jendral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Suyono. 1989. Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran Sastra di SMA: Sebuah Kajian Selintas. Malang: HISKI.

Yulianto, Bambang. 2011. Pengantar Teori Balajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-31

Cara Mengutip

Widarminto, W. (2022). Peningkatan kreativitas menulis cerpen dengan media koran pada siswa kelas IX. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 2(1), 33–43. https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.126