Peningkatan kreativitas menulis cerpen dengan media koran pada siswa kelas IX
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.126Kata Kunci:
kreativitas, menulis cerpen, koranAbstrak
Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan alur cerita dan selanjutnya dirangkai ke dalam kalimat yang akhirnya dapat membentuk sebuah cerita pendek yang menarik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian adalah di SMP Negeri 4 Bontang. Subjek yang dikenai tindakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 4 Bontang yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media berita koran dapat meningkatkan prestasi serta minat belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 4 Bontang.
Referensi
Akmal, M. 2007. Nulis, yuk: cerpen novel bagipemula. Jakarta: LembagaPenerbit Fakultas UI.
Aminudin. 2009. Pandai Memahami dan Menulis Cerita Pendek. Bandung: Pribumi Mekar
Aminudin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Anindyarini, Atikah, dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Cahyani, Isah. 2012.Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Prodi Pendidikan Dasar SPs UPI
Endraswara, Suwardi. 2002. Metode Pengajaran Apresiasi Sastra. Yogyakarta: CV. Radhita Buana
Kemendikbud. 2010. Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.
Kasnadi, Sutedjo. 2008. Menulis Kreatif, Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadi Pustaka.
Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: CV. Yrama Widya
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual dan. Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Novakovich, Josip. 2003. Berguru kepada Sastra Dunia, Buku Wajib Menulis Fiksi. Bandung: Kaifa
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nuryatin, Agus dan Retno Purnama Irawati. 2016. Pelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Roekhan. 1989. Pengajaran Penulisan Kreatif Sanggar Sastra di Sekolah. Malang: HISKI Komisariat Malang.
Rohani, Ahmad. 1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta.
Sanaky, H. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada: Jakarta.
Sudjana. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukmandinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumiati.2020. Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jendral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka
Suyono. 1989. Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran Sastra di SMA: Sebuah Kajian Selintas. Malang: HISKI.
Yulianto, Bambang. 2011. Pengantar Teori Balajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Widarminto Widarminto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.