Implementasi pendekatan kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa

Penulis

  • Khalid Awaluddin SDN 1 Landasan Ulin Selatan

DOI:

https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.130

Kata Kunci:

pendekatan, kontekstual, prestasi, belajar, matematika

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika materi perbandingan pada siswa kelas V (lima) SDN 1 Landasan Ulin Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada kelas V (lima) SDN 1 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru dengan total 21 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan nilai rata-rata tes pada siklus I (satu) sampai III (tiga) secara berurutan adalah 66,36; 72,72; 78,18. Untuk ketuntasan belajar siswa pada siklus I (satu) sampai III (tiga) mencapai 66,67%, 76,19%, 85,71%. Penelitian ini memuat temuan berupa rata-rata tes dan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan secara individu bahkan klasikal menggunakan pendekatan kontekstual.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Bungin. 2010. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. Penelitian Tindakan Kelas Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat tenaga kependidikal. Departeman Pendidikan Nasional

Hartina. 2010. Model-Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. (http://hartina0710.blog.uns.ac.id/2011/11/model-model-pembelajaran-di-sekolah-dasar ) diakses 29 Mei 2022.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban

Rustam, Mundilarto (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dlam Kurikulum 2013, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sukmadinata. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparlan. 2011. Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak. Yogyakarta: Maj.Gerbang. Ed.II

Usman, Uzer. 2010. Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Wasih. 2011. Tujuan Pembelajaran Kognitif, Psikomotor dan Afektif, (Online), (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/21207776-tujuan-pembelajaran-kognitif-psikomotor-afektif/ , diakses 19 Januari 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-31

Cara Mengutip

Awaluddin, K. (2022). Implementasi pendekatan kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.130