Penerapan metode pembelajaran daring dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 1 Guntung Manggis

Penulis

  • Ristiani Ristiani SDN 1 Guntung Manggis

DOI:

https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.129

Kata Kunci:

penerapan, metode, pembelajaran, daring

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas III SDN 1 Guntung Manggis yang bisa dilihat dari nilai ulangan harian peserta didik yang mempunyai kriteria belum tuntas sebesar 60%, sedangkan viriteria tuntas 40%. hasil belajar rendah diakibatkan karena pembelajaran saat ini menggunakan aplikasi WhatsApp jadi ada beberapa peserta didik yang tidak memilikihandphone dan peserta didik itu pun ada yang tertinggal dengan pembelajaran tersebut, ada juga yang tidak terlalu faham dan kurang dalam pemahaman materi yang dikirimkan oleh pendidik melalui whatsApp. Untuk itu peneliti menerapkan metode pembelajara daring dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode pembelajaran I disini menggunakan aplikasi whatsApp grub, subyek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas III sejumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan hasil yang baik dengan konsistennya pendidik dalam memotivasi siswa dan orang tua peserta didik selaku pendamping belajar peserta didik dalam melakukan aktivitas didalam WhatsApp grub seperti memosting materi yang akan dipelajari, memberikan penjelasan tentang materi tersebut hingga pemberian tugas yang dikumpul.

Referensi

Abu Achmadi dan Cholid Narbuko. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Afreni Hamidah dan Ali Sadikin. 2021. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 6, No.2.

Antusias Anisjun Skripsi Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Web (E- Learning) Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Metro, STAIN Jurai Siwo Metro.

Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

CahyaniIsah. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia,Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agana Republik Indonesia.

Devianti Rina, 2017. Bahasa Sebagai Cermin Kehidupan., Jurnal Tarbiyah. Vol.24, No.2.

Dewi Kurnia Shinta. 2011. Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Fathoni Abdurrahman. 2011. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta,

Gunawan Imam.2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek, Jakarta: Bumi Aksara.

Hanna. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Mau Dibawa Ke Mana?. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol.13, No.1.

Hasanah Hasyim. 2016. Teknik-teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum, Vol.8, No.1.

Husniyatus Salamah dan Imam Ja’far Shodiq. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi tengah Penyebaran Covid-19 Di Mi NurulhudaJelu. Jurnal Studi Keislaman, Vol. 6, No.2.

Joko dan Ahmad. 2013. Model Belajar Mengajar. Bandung:Pustaka Setia.

Mahnun Nunu. Implementasi Pembelajaran Online Dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online di Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan World Class University. Jurnal IJEM, Vol.1, No.1, 30.

Masduki Asbari, Rudy Pramono, dkk. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID 19Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Of Education, Vol. 2, No. 1.

M. Nur Qomarudin dan Yusuf Bilfaqih. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV Budi Utama.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-31

Cara Mengutip

Ristiani, R. (2022). Penerapan metode pembelajaran daring dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 1 Guntung Manggis. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.129