Meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas V sekolah dasar menggunakan gaya mengajar komando dengan permainan tradisional

Penulis

  • Armansyah Armansyah SD Negeri Banua Anyar Kabupaten Batola
  • Supian Hadi SMA Negeri 1 Bakumpai Kabupaten Batola

DOI:

https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.128

Kata Kunci:

kesegaran jasmani, metode mengajar komando, permainan tradisional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode mengajar komando melalui permainan tradisional dapat meningkatkan hasil kesegaran jasmani dalam pembelajaran penjas.jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek peneltian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Banua Anyar semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 21 orang terdiri dari 13 siswa putra, dan 8 siswa putri. Hasil penelitian siklus satu pertemuan satu diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami gerakan sehingga tes kesegaran jasmani rata-rata adalah 67 atau ketuntasan klasikal 14,28% dengan kategori sedang. Hasil dari siklus satu pertemuan dua meningkat menjadi dengan rata-rata tes kesegaran jasmani 70 ketuntasan klasikal 57,14% dengan kategori baik. Hasil penelitian siklus kedua pertemuan satu meningkat dengan nilai rata-rata tes kesegaran jasmani 72, ketuntasan klasikal 76,19%. Sedangkan hasil pertemuan siklus dua pertemuan dua diperoleh rata-rata nilai kesegaran jasmani, 74 dengan ketuntasan klasikal 85,71% dengan kategori baik Pembelajaran Materi Kebugaran jasmani dikatakan berhasil apabila tercapai ketuntasan klasikal di SD Negeri Banua Anyar pada materi kesegaran jasmani mata pelajaran penjaskes mencapai 75%. Sedangkan dipenelitian ini sudah mencapai 85,71%. Penggunaan metode modifikasi permainan melalui metode komando terbukti dapat meningkatkan keterampilan kesegaran jasmani siswa SD Negeri Banua Anyar semester genap tahun 2021-2022.

Referensi

Abduljabar, B (2011) Ilmu Pendidikan. http://file.upi edu /direktori /FPOK

Amianto, H (2016) upaya meningkatkan kebugaran jasmani melalui permainan guzila pada siswa kelas III SD Negeri Luwung 02 tahun 2016 . UNES

Arikunto, Suharsimi (2010) Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Asdi Mahastya

Arikonto, Suharsimi (2006). Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsil (2010) Evaluasi Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Malang: Wineka Media

Cica Yuli Kuswoyo. Skripsi (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Mini Melalui Permainan Bola Berantai Pada Siswa V SD N Tengaran 01 Kec, Tengaran Kab, Semarang.

Dini Rosdiani (2012). Model Pembelanjaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Eva, Faridah (2016) mengajar pendidikan jasmani melalui permainan ide kreatif mengoftimalkan pedagogis: Jurnal ilmu keolahragaan, 15(2), 38-44.

Feri Kurniawan (2012). Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta: Laskar Aksara

J. Mata Kupon (2002). Teori Bermain Universitas Terbuka: Tegal

Nurhasan (2005). Penelitian Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka Departeman Pendidikan Nasional.

Safaringga, E. & Herpandika, R P (2018). Hubungan antara kbugaran jasmani dengan kualitas tidur Jurnal Sportif : http://doi.org./10.29407/js-unpgri.

Sagala, syaiful (2010). Konsep dan makna pembelajaran Bandung: Alfabeta.

Semiawan, Cony R (2008). Belajar Dan Pembelajaran Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar: Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dan kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Wou, S., & Ani, Y (20216). Konsistensi Strategi Instruksional Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Polyglot: Journal Of Language, Literature, Cultural, And Eduation

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-31

Cara Mengutip

Armansyah, A., & Hadi, S. (2022). Meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas V sekolah dasar menggunakan gaya mengajar komando dengan permainan tradisional . JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 2(1), 21–32. https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.128