Meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas V sekolah dasar menggunakan gaya mengajar komando dengan permainan tradisional
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.128Kata Kunci:
kesegaran jasmani, metode mengajar komando, permainan tradisionalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode mengajar komando melalui permainan tradisional dapat meningkatkan hasil kesegaran jasmani dalam pembelajaran penjas.jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek peneltian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Banua Anyar semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 21 orang terdiri dari 13 siswa putra, dan 8 siswa putri. Hasil penelitian siklus satu pertemuan satu diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami gerakan sehingga tes kesegaran jasmani rata-rata adalah 67 atau ketuntasan klasikal 14,28% dengan kategori sedang. Hasil dari siklus satu pertemuan dua meningkat menjadi dengan rata-rata tes kesegaran jasmani 70 ketuntasan klasikal 57,14% dengan kategori baik. Hasil penelitian siklus kedua pertemuan satu meningkat dengan nilai rata-rata tes kesegaran jasmani 72, ketuntasan klasikal 76,19%. Sedangkan hasil pertemuan siklus dua pertemuan dua diperoleh rata-rata nilai kesegaran jasmani, 74 dengan ketuntasan klasikal 85,71% dengan kategori baik Pembelajaran Materi Kebugaran jasmani dikatakan berhasil apabila tercapai ketuntasan klasikal di SD Negeri Banua Anyar pada materi kesegaran jasmani mata pelajaran penjaskes mencapai 75%. Sedangkan dipenelitian ini sudah mencapai 85,71%. Penggunaan metode modifikasi permainan melalui metode komando terbukti dapat meningkatkan keterampilan kesegaran jasmani siswa SD Negeri Banua Anyar semester genap tahun 2021-2022.
Referensi
Abduljabar, B (2011) Ilmu Pendidikan. http://file.upi edu /direktori /FPOK
Amianto, H (2016) upaya meningkatkan kebugaran jasmani melalui permainan guzila pada siswa kelas III SD Negeri Luwung 02 tahun 2016 . UNES
Arikunto, Suharsimi (2010) Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Asdi Mahastya
Arikonto, Suharsimi (2006). Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsil (2010) Evaluasi Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Malang: Wineka Media
Cica Yuli Kuswoyo. Skripsi (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Mini Melalui Permainan Bola Berantai Pada Siswa V SD N Tengaran 01 Kec, Tengaran Kab, Semarang.
Dini Rosdiani (2012). Model Pembelanjaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Eva, Faridah (2016) mengajar pendidikan jasmani melalui permainan ide kreatif mengoftimalkan pedagogis: Jurnal ilmu keolahragaan, 15(2), 38-44.
Feri Kurniawan (2012). Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta: Laskar Aksara
J. Mata Kupon (2002). Teori Bermain Universitas Terbuka: Tegal
Nurhasan (2005). Penelitian Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka Departeman Pendidikan Nasional.
Safaringga, E. & Herpandika, R P (2018). Hubungan antara kbugaran jasmani dengan kualitas tidur Jurnal Sportif : http://doi.org./10.29407/js-unpgri.
Sagala, syaiful (2010). Konsep dan makna pembelajaran Bandung: Alfabeta.
Semiawan, Cony R (2008). Belajar Dan Pembelajaran Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar: Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dan kualitatif. Bandung: CV Alfabeta
Wou, S., & Ani, Y (20216). Konsistensi Strategi Instruksional Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Polyglot: Journal Of Language, Literature, Cultural, And Eduation
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Armansyah Armansyah, Supian Hadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.