Peningkatan hasil belajar fisika pada materi keseimbangan benda melalui diskusi kelompok secara daring siswa kelas XI IPA-5
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.22Kata Kunci:
hasil belajar, diskusi, daringAbstrak
Rendahnya hasil belajar matapelajaran fisik pada materi kesimbangan benda merupakan masalah utama dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matapelajaran fisika materi keseimbangan benda melalui diskusi kelompok secara daring siswa kelas XI IPA-5. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan mengikuti tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-5 SMAN 1 Lumajang Jawa Timur yang terdiri dari 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis, analisis data menggunakan diskriptif kuanlitatif. Hasil penelitian menunjukkan, tes awal dari 33 siswa dengan nilai lebih dari dan sama dengan KKM sejumlah 8 siswa(24%), siklus I dari 33 siswa dengan nilai lebih dari dan sama dengan KKM sejumlah 15 siswa (45%), dan siklus II dari 33 siswa dengan nilai lebih dari dan sama dengan KKM sejumlah 22 siswa(67%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok secara daring dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada materi keseimbangan benda Kelas XI IPA-5 semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Lumajang.
Referensi
Aulia Nadia Sari, 2021. Analisis Interaksi Siswa pada Aktivitas Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. Malang: Jurnal Cendekia http://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.949.
Dimyati, dkk. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamariah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mashud, M., & Ihwanto, N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama Siswa Kelas V Melalui Google Meet Dengan Memanfaatkan Video Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19. Jendela Olahraga, 7(1), 35–49. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8604
Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Pebriyandi, P., Warni, H., & Mashud, M. (2021). Efektifitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Aplikasi Whatsapp Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(2), 1–169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v4i2.50262 EFEKTIVITAS
Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Yono
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.