Peningkatan pembelajaran table tennis melalui teknik holding bet pada siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.2Kata Kunci:
table tennis, holding bet, PTK.Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui teknik memegang bet yang baik dapat meningkatkan pembelajaran tenis meja pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Kediri. Metode penelitian menggunakan Penelitan Tindakan Kelas. Hasil penelitian saat pra siklus, 2 siswa (10%) memperoleh ketuntasan dan 18 siswa (83%) belum tuntas. Siklus I rata–rata meningkat 44 dimana 11 siswa (39%) memperoleh ketuntasan dan 13 siswa (61%) belum tuntas. Nilai observasi aktivitas siswa 69% kategori penilaian baik secara klasikal. Siklus II meningkat 83,1 dimana 17 siswa (75%) memperoleh ketuntasan, 3 siswa (25%) belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa meningkat 94,56% kategori penilaian baik sekali. Siklus III meningkat 92 dimana semua siswa sebanyak 25 (100%) memperoleh ketuntasan dan nilai observasi aktivitas siswa meningkat 97% kategori penilaian sangat baik sekali. Disimpulkan bahwa modifikasi bet menggunakan holding bet dapat meningkatkan keefektifan belajar siswa dalam permainan tenis meja pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Kediri.
Referensi
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hodges, L. 2007. Step to Success. Tenis Meja. Tingkat Pemula. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Iskandar, A. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Kristiyanto, A. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta : Univeersity Press.
Kusmaedi, N., et. al. 2005. Pembelajaran Olahraga Pilihan (Tenis Meja). Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Simpson, P. 2004. Teknik Bermain Ping Pong. Bandung: Pionir Jaya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Susilo. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta.
Sutikno, S. 2013. Belajar & Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Wardhani, I., et. al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 nur ahmad Muharram
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.