Meningkatkan efektifitas pembelajaran praktik sistem kelistrikan power window melalui implementasi aplikasi autoplay modul interactive
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.117Kata Kunci:
modul interaktif, sistem, power window, kelistrikan, otomotifAbstrak
Best practice pembuatan modul interaktif sistem power window melalui aplikasi autoPlay bertujuan untuk, 1) menyusun langkah langkah pembuatan modul interaktif, 2) mengetahui hasil uji coba penerapan modul interaktif di kelas XI dan 3) mengetahui efektifitas penerapan modul interaktif mata pelajaran praktikum Kelistrikan Otomotif. Pada tahap awal dilakukan identifikasi tujuan, analisis instruksional, karakteristik siswa, spesifikasi tujuan, pengembangan tes, dan strategi pembelajaran. Kemudian dilakukan penyusunan tes, pemilihan aplikasi media, pemilihan format, dan rancangan evaluasi formatif dan installasi perangkatnya. Pada tahap uji validasi terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi serta uji coba penerapannya kepada siswa. Hasil Validasi modul ditunjukkan oleh total skor yang diperoleh dari validator ahli materi dan ahli media dengan materi yang relevan sesuai kompetensi yang harus dikuasai peserta didik. Ketepatan penggunaan ejaan, ketepatan penggunaan istilah, isi materi jelas dan sistematis, mudah di pahami, dan efektifitas modul interaktif dapat dilihat dari hasil observasi dengan kriteria sangat baik. Modul interaktif praktikum sistem power window mendapatkan respon penilaian yang sangat baik yaitu sebesar 87,38%. Begitu juga penjabaran materi, menurut responden, penjabaran materi pada modul interaktif praktikum sistem power window mendapat penilaian 81,69% dengan kriteria sangat baik. oleh karena itu, pembelajaran menggunakan modul interaktif sangat menunjang efektifitas proses belajar mengajar.
Referensi
Akhmad Sudrajat (2010) Pembelajaran Berbasis Komputer. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/ di unduh 15 Mei 2019
Jochems dan Koper (2004) Integrated E-Learning: Implications for Pedagogy, Technology and Organization: London And New York
Mashud. (2019). Dasar Penulisan Karya Ilmiah Untuk Mahasiswa, Banjarmasin: ULM Pess.
Richard E. Mayer (2009) Multimedia Learning: Cambridge University Press
Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Walter Dick, Lou Carey. (2001) The Systemic Design of Instruction. United State: Addison-Wesley Educational Publishers Inc
http://gurubagi.com/unduh-buku-pedoman-penulisan-best-practice-kepala-sekolah/Pedoman Penulisan Best Practice Kepala Sekolah di unduh 17 Februari 2022
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Syaiful Arif
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.