Peningkatan hasil belajar senam lantai guling ke depan dengan menggunakan media matras dan variasi pembelajaran pada siswa kelas X.1
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.115Kata Kunci:
media matras, variasi pembelajaran, senam lantai guling ke depanAbstrak
Proses pembelajaran pendidikan jasmani materi senam lantai guling ke depan kelas X.1, tampak siswa masih sulit mempelajari gerakan senam lantai guling ke depan yang diberikan oleh guru pendidikan jasmani. Terdapat kesulitan-kesulitan yang dirasakan siswa yaitu sulit pada saat impact dengan matras sebagian besar siswa menggunakan kepala bukan dengan tengkuk. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan dengan menggunakan media matras dan variasi pembelajaran pada siswa kelas X.1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi; 1) perencanaa, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subyek penelitian adalah peneliti sendiri sebagai guru pendidikan jasmani siswa kelas X.1 SMAN Kunir Kabupaten Lumajang. Jumlah siswa yang ada di kelas tersebut sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian siklus pertama meningkatkan hasil belajar 62,86%. Siklus kedua meningkatkan hasil belajar 74,29% dan siklus ketiga meningkatkan hasil belajar 94,29%. Kesimpulan yang dapat dalam penelitian ini adalah media matras dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar gerakan senam lantai guling ke depan pada siswa kelas X.1 SMAN Kunir Kabupaten Lumajang.
Referensi
Abdullah, A. & Manadji, A. 1994. Dasar-dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Brown. 1991. Pengajaran Mikro: Peranan Keterampilan Mengajar. Surabaya: Airlangga University Press.
Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
BSNP. 2006. Satandar Isi Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Badan Satndar Nasional Pendidikan.
Dasna, W. & Fatchan. A. 2007. Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah. Malang: Pusat Penelitian Pendidikan, Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.
Dimyati & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ditjen Dikti. 1983. Pusat Sumber Belajar, Laboratorium Work, Perpustakaan dan Fasilitas lain. Jakarta: Ditjen Dikti.
Lutan, dkk. 2002. Supervisi Pendidikan Jasmani Konsep dan Praktik. Jakarta: Depdikbud P2PLTK.
Mahendra, A. 2001. Pembelajaran Senam Pendekatan Pola Gerak Dominan untuk Siswa SLTP. Direktorat Jendral Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bekerjasama dengan Direktorat Jendral Olahraga.
Mashud. 2021. Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning (Kelas Pendidikan Jasmani/ PTK & Kelas Olahraga/ PTO). Vol. 51. Pertama. edited by S. Mustafa, Pinton and J. Samodra, Touvan. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Mashud, Mashud. 2018. “Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani.” Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga 17(2):77–85. doi: 10.20527/multilateral.v17i2.5704.
Mashud, Mashud. 2020. “The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5(2):265–70. doi: DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194.
Mashud, M., & Ihwanto, N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama Siswa Kelas V Melalui Google Meet Dengan Memanfaatkan Video Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19. Jendela Olahraga, 7(1), 35–49. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8604
Miarso. 1984. Teknologi Komunikasi Pendidikan: Pengertian dan Penerapannya di Indonesia. Jakarta: Pustekom.
Panen, P. 2000. Belajar dan Pembelajaran 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pebriyandi, Pebriyandi, Herita Warni, and Mashud Mashud. 2021. “Efektifitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Aplikasi Whatsapp Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmu Keolahragaan 4(2):1–169. doi: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v4i2.50262 EFEKTIVITAS.
Syarifuddin. 1997. Pokok-Pokok Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudijono, A. 2001. Pengantar Statistik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soejoedi, I. 1985. Teori dan Praktek Senam Dasar. Yogyakarta: Intan Pariwara.
Suyati, dkk. 1995. Senam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Agus Sukaryono
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.