Perjuangan melayani kesempatan mengenyam pendidikan di pelosok Tanjung Lesung, Sintang, Kalimantan Barat
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.25Keywords:
sekolah jauh, terpencil, pendidikanAbstract
Best Practice ini disusun atas dasar kerja nyata yang telah dilakukan selama bertahun tahun. Usaha untuk memberikan layanan pendidikan yang layak dari daereh terpencil merupakan usaha yang harus dimulai dari kesadaran akan pentingnya mendidik generasi yang akan dating. Kebutuhan akan adanya sekolah Di Desa Tanjung lesung, Sintang, Kalimantan Barat merupakan hal yang sangat penting. SD engeri 18 Lubuk Kedang memcoba untuk mengawali pendirian sekolah jauh agar melayani pendidikan terhadap masyarakat. Sekolah jauh berdiri dengan bermodal dukungan masyarakat dengah hibah tanah dengan satu orang guru dan proses pembelajaran dilakukan di balai Desa. Terjadi lika liku selama sekolah jauh ini dilaksanakan sampai 7 tahun. Dukungan masyarakat, dewat adat, kepala dusun serta kepala desa menjadikan sekolah berkembang dengan baik. Akhirnya pada tahun 2020 sekolah jauh Tanjung Lesung di negerikan dengan SK nomor SK 55 Tahun 2020 termasuk dalam 10 sekolah lain yang statusnya dinegerikan. Dengan nama baru sekolah menjadi Sekolah Dasar Negeri 52 Tanjung Lesung.
References
Asmahasanah, S., Perdana Prasetya, E., & Rendra, M. (2020). POTRET PENGABDIAN KEMITRAAN WILAYAH TERPENCIL DI DESA TRANS AGUNG KABUPATEN SELUMA DALAM MENGATASI MASALAH PENDIDIKAN DAERAH TERTINGGAL. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.32832/abdidos.v4i4.704
Astarika, R., Endang, P., & Sulastri, E. (2019). Membangun Sumber Daya Manusia Berkelanjutan pada Komunitas Adat Terpencil (Studi Kasus Suku Anak Dalam di Taman Nasional Bukit Duabelas Jambi). Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi (INSTEK), 2(1). https://doi.org/10.51454/instek.v2i1.97
Firdaus, F., Sulfasyah, S., & Nur, H. (2019). Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i1.1796
Husain, S. (2020). Kontribusi Belajar Jarak Jauh Mahasiswa Tinggal di Desa Terpencil. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(2). https://doi.org/10.37905/aksara.5.2.103-110.2019
Husin, H., & Sawitri, S. (2021). Covid-19 : Tingkat Stres Belajar Anak-Anak Di Daerah Terpencil. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2). https://doi.org/10.35931/am.v5i2.542
Khanifah, S. (2020). STORY TELLING SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN DI DAERAH 3T. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30946
Khuriyana, E., & Priyono, P. (2020). Akselerasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Daerah Tertinggal Melalui Model Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Era Industri 4.0 (Studi Kasus Implemetasi Pilot Project di Kabupaten Halmahera Barat). PANCANAKA Jurnal Kependudukan, Keluarga, Dan Sumber Daya Manusia, 1(1). https://doi.org/10.37269/pancanaka.v1i1.9
Lukman, I. (2019). Implementasi kebijakan pemerintah kota ternate dalam pelaksanaan wajib belajar sembilan tahun. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(4).
Nasir, N., & Mujiati, M. (2020). Pengelolaan Tenaga Pendidik (Guru) di Rural Area. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4383
Novianto, K., Bari, S., & Vistara, I. (2020). Perlunya Indeks Akses Pendidikan dalam Rangka Penetuan Daerah Khusus. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 5(1). https://doi.org/10.26740/jpsi.v5n1.p36-42
Novitasari, N. F., & Nurfiqih, D. (2020). PENGEMBANGAN BIG BOOK UNTUK PENGAJAR BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TERPENCIL. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.836
Nurhidayah, N., Irawan, R., & Fatmah, F. (2020). Pembentukan Rubamasusa (Rumah Baca Masyarakat Suku Sambori) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Sadar Literasi. Abdi Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.36312/abdi.v2i1.1339
Pratiwi, I. (2020). IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR KOMUNITAS ADAT TERPENCIL DI KABUPATEN SAROLANGUN, PROVINSI JAMBI: SEBUAH CATATAN KRITIS. Kebudayaan, 14(2). https://doi.org/10.24832/jk.v14i2.236
Putra, M. T. F., Arianti, A., & Elbadiansyah, E. (2019). ANALISIS PENERAPAN MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN TEPAT GUNA PADA DAERAH 3T (TERDEPAN,TERPENCIL DAN TERTINGGAL) DI KABUPATEN MAHAKAM ULU. Sebatik, 23(2). https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.776
Rahayu, N. P., Nugroho, J. P., & Berliani, T. (2019a). Pembinaan Profesional Guru SD Daerah Terpencil. Equity in Education Journal, 1(1).
Rahayu, N. P., Nugroho, P. J., & Berliani, T. (2019b). PEMBINAAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DAERAH TERPENCIL. Equity In Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.37304/eej.v1i1.1554
Rahmadi, I. F. (2020). Pendidikan di Daerah Kepulauan Terpencil: Potret Siswa, Guru, dan Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1). https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.756
Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries.
Sidiq, S. S. (2020). MODEL PEMBERDAYAAN KOMUNITAS ADAT TERPENCIL DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN. REFORMASI, 10(2).
Sihabussalam, S. (2020). Pengoptimalan Sobat Mengajar sebagai Gerakan Sosial Pendidikan dalam Membangun Pendidikan di Daerah Tertinggal. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 5(3). https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.386
Wulandari, S. P., Wildani, Z., Prastuti, M., Aridinanti, L., Retnaningsih, S. M., Ratih, I. D., Kustantin, S., Zullah, V. S., Kurniasari, S. V., & Pradana, A. (2021). PEMODELAN LITERASI MEMBACA SISWA DI DAERAH TERPENCIL MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK BINER. Jurnal LeECOM (Leverage, Engagement, Empowerment of Community), 3(1). https://doi.org/10.37715/leecom.v3i1.1887
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sainawati Sainawati, Y. Touvan Juni Samodra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.