Peningkatan pembelajaran table tennis melalui teknik holding bet pada siswa sekolah dasar

Penulis

  • Nur Ahmad Muharram Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Setyo Harmono Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.2

Kata Kunci:

table tennis, holding bet, PTK.

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui teknik memegang bet yang baik dapat meningkatkan pembelajaran tenis meja pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Kediri. Metode penelitian menggunakan Penelitan Tindakan Kelas. Hasil penelitian saat pra siklus, 2 siswa (10%) memperoleh ketuntasan dan 18 siswa (83%) belum tuntas. Siklus I rata–rata meningkat 44 dimana 11 siswa (39%) memperoleh ketuntasan dan 13 siswa (61%) belum tuntas. Nilai observasi aktivitas siswa 69% kategori penilaian baik secara klasikal. Siklus II meningkat 83,1 dimana 17 siswa (75%) memperoleh ketuntasan, 3 siswa (25%) belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa meningkat 94,56% kategori penilaian baik sekali. Siklus III meningkat 92 dimana semua siswa sebanyak 25 (100%) memperoleh ketuntasan dan nilai observasi aktivitas siswa meningkat 97% kategori penilaian sangat baik sekali. Disimpulkan bahwa modifikasi bet menggunakan holding bet dapat meningkatkan keefektifan belajar siswa dalam permainan tenis meja  pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 5  Kediri.

Referensi

Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hodges, L. 2007. Step to Success. Tenis Meja. Tingkat Pemula. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Iskandar, A. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Kristiyanto, A. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta : Univeersity Press.

Kusmaedi, N., et. al. 2005. Pembelajaran Olahraga Pilihan (Tenis Meja). Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Simpson, P. 2004. Teknik Bermain Ping Pong. Bandung: Pionir Jaya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susilo. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta.

Sutikno, S. 2013. Belajar & Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Wardhani, I., et. al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-29 — Diperbaharui pada 2021-05-29

Cara Mengutip

Muharram, N. A., & Harmono, S. (2021). Peningkatan pembelajaran table tennis melalui teknik holding bet pada siswa sekolah dasar. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 1(1), 20–24. https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.2