Upaya peningkatan kinerja guru melalui teknik lesson study secara kolaboratif dan rutin di PAUD Terpadu Mustika Angkasa Kota Banjarbaru
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.127Kata Kunci:
peningkatan, kinerja guru, lesson studyAbstrak
Peneliti menggunakan teknik Lesson Study yang dilakukan secara kolaboratif dan rutin agar dapat mengetahui peningkatan kesadaran dan tanggung jawab guru akan tugas pokok dan fungsinya yang dibebankan oleh orang tua, masyarakat dan pemerintah, mengetahui peningkatan guru dalam menyusun dan mengevaluasi perencanaan dalam melaksanakan tugas mengajar agar mutu pembelajaran meningkat, mengetahui peningkatan pemahaman guru terhadap tugasnya sebagai agen pembelajaran, dan membentuk dan menciptakan disiplin kerja serta iklim budaya kerja sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (school Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru di PAUD Terpadu Mustika Angkasa dengan jumlah 2 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja guru. Dilihat dari hasil siklus I dengan nilai rata-rata 26,5 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 33. Dengan demikian, penelitian melalui teknik Lesson Study secara kolaboratif dan rutin dapat meningkatkan kinerja guru-guru di PAUD Terpadu Mustika Angkasa.
Referensi
Hendayana S. 2006. Lesson Study Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Guru (Pengalaman JUSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.
Parmin dan Siti Aminah. 2008. Menerapkan Lesson Study Dalam Pembelajaran di MI Madariful Huda Pati. Laporan Penelitian Dosen Muda. FMIPA: Universitas Negeri Semarang.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Widhiartha, Putu Ashintya. Dwi Sudarmanto. Nining Ratnasingsih. 2008. Lesson Study Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidik Pendidikan NonFormal. Surabaya: Prima Printing.
Yusak, Muchlas. 2008. Lesson Study: Pengembangan Profesi Guru Secara Berkelanjutan Berbasis Sekolah. Semarang: LPMP Jawa Tengah.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Endang Sri Wardaniyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.