Model pembelajaran STAD untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas XII IPS-1
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.125Kata Kunci:
pembelajaran STAD, prestasi belajar, bahasa indonesiaAbstrak
Sampai saat ini, mata pelajaran Bahasa Indonesia masih menjadi pelajaran wajib pada setiap jenjang pendidikan.Sayangnya, banyak kendala yang dihadapi seorang guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswanya. Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievements Divisions) diharapkan mampu membantu siswa mengatasi permasalahan ini. Adapun hal yang dibahas dalam penelitian ini, (a) bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya pembelajaran STAD pada siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Lumajang tahun pelajaran 2022/2023, (b) bagaimanakah pengaruh pembelajaran terhadap STAD terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas XII IPS 1 SMAN 2 Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahap. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. Data yang diperoleh berupa hasil uji kompetensi, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis hasil penelitian didapatkan data bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68), siklus II (72), siklus III (78). Sedangkan tingkat ketuntasan belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia juga meningkat, yaitu siklus I (60%), siklus II (80%), siklus III (92%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Lumajang tahun pelajaran 2022/2023, serta model pembelajaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia.
Referensi
Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid I. Yogyakarta: YP Fak. Psikologi UGM.
Hasibuan, J.J dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Airlangga Press.
Melvin, L. Siberman. 2004. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.
Sukidin. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin, 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Indriati Suhiroh

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.