Meningkatkan kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri siswa melalui program CERIA cerita anak di kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v2i1.123Kata Kunci:
komunikasi, kepercayaan diri, program ceriaAbstrak
Kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri murid dapat ditingkatkan melalui program CERIA Cerita Anak. Program ini rutin dijalankan sebelum jam pelajaran pertama dimulai sekitar 10 sd 15 menit. Para murid mendapatkan giliran sebagai pencerita didepan kelas sesuai jadwal yang telah mereka buat sendiri. Tema yang diangkat sesuai pilihan atau kesukaan murid. Bahan cerita dapat dibuat sendiri atau berdasarkan buku cerita yang telah dibaca dari rumah. Cara menyampaikan cerita dapat langsung tanpa melihat bacaan. Namun demikian, bila ada murid yang masih kesulitan dalam penyampaian dapat menggunakan hasil gambar dalam suatu kertas. Guru yang mengawal di kelas dapat membantu menggali dengan bertanya terhadap apa yang dibaca murid. Diyakini dalam jangka panjang bila program ini dijalankan dengan disiplin dapat berdampak pada komuniaksi dan kepercayaan diri murid.
Referensi
Bandura, A. 2006. Toward a psychology of human agency. Perspectives on psychological science.
Bao, J. 2010. Teaching and Learning Strategies for Differentiated Instruction in the Language Classroom. [Online]. Tersedia: http://steinhardt.nyu.edu/teachlearn /dclt/Summer_Institute_2010.
Carnegie, Dorothy. 1962. The Quick and Easy Way to Effective Speaking, New York: Assosiation Press.
Noble, T. & H. McGrath. 2016. The PROSPER school pathways for student wellbeing policy and practices. SpringerBriefs in Well-Being and Quality of Life Research. Springer: Strathfield, NSW, Australia.
OECD, 2019. The Future of Education and Skills. OECD Learning Compass 2030 A series of concept notes.
Senge, Peter et.al 2012. School That Learns. London
Tomlinson, C.A. 2014. The Differentiated Classroom Responding to the Needs Of All Learners. 2nd Edition. Alexandria, VA: ASCD
Wiggins, G. P., & McTighe, J. 2005. Understanding by design (2nd edition). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc. Print.
Joseph, S., Thomas, M., Simonette, G., & Ramsook, L. 2013. The Impact of Differentiated Instruction in a Teacher Education Setting: Successes and Challenges. International Journal of Higher Education, 2(3), 28–40. https://doi.org/10.5430/ijhe.v2n3p28
Hockett, J. A. 2018. Differentiation Strategies and Examples: Grades 6-12. Tennessee Department of Education. Alexandria, VA: ASCD
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Subanindro Subanindro
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.