https://pgrikotabjb.or.id/ojs/index.php/jpptk/issue/feed JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan 2022-10-11T00:37:50+00:00 Dr. Mashud, S.Pd., M.Pd. mashud@ulm.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &amp; Penelitian Tindakan adalah jurnal ilmiah nasional terbuka yang mengumpulkan diseminasi hasil khusus penelitian tindakan kelas/sekolah/best practice. JPPTK merupakan jurnal peer review terbitan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kota Banjarbaru bekerjasama dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan KKG (Kelompok Kerja Guru).</p> <p align="justify">Tujuan dari JPPTK adalah untuk memfasilitasi publikasi ilmiah hasil penelitian tindakan kelas/sekolah/best practice pada mata pelajaran SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA/ SMK/ SLB, dan PT di Indonesia dan turut serta meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian tindakan kelas/sekolah/best practice dari Mahasiswa, Guru, Kepala/Pengawas Sekolah, dan Dosen. JPPTK: terbit dua kali setahun, pada bulan Mei dan November.</p> <p align="justify">ISSN (Online) : <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210531000948906" target="_blank" rel="noopener">2797-300X</a></p> https://pgrikotabjb.or.id/ojs/index.php/jpptk/article/view/127 Upaya peningkatan kinerja guru melalui teknik lesson study secara kolaboratif dan rutin di PAUD Terpadu Mustika Angkasa Kota Banjarbaru 2022-09-22T06:39:20+00:00 Endang Sri Wardiyah endangsriwardiyah@gmail.com <p>Peneliti menggunakan teknik <em>Lesson Study</em> yang dilakukan secara kolaboratif dan rutin agar dapat mengetahui peningkatan kesadaran dan tanggung jawab guru akan tugas pokok dan fungsinya yang dibebankan oleh orang tua, masyarakat dan pemerintah, mengetahui peningkatan guru dalam menyusun dan mengevaluasi perencanaan dalam melaksanakan tugas mengajar agar mutu pembelajaran meningkat, mengetahui peningkatan pemahaman guru terhadap tugasnya sebagai agen pembelajaran, dan membentuk dan menciptakan disiplin kerja serta iklim budaya kerja sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (school Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru di PAUD Terpadu Mustika Angkasa dengan jumlah 2 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja guru. Dilihat dari hasil siklus I dengan nilai rata-rata 26,5 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 33. Dengan demikian, penelitian melalui teknik Lesson Study secara kolaboratif dan rutin dapat meningkatkan kinerja guru-guru di PAUD Terpadu Mustika Angkasa.</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Endang Sri Wardaniyah https://pgrikotabjb.or.id/ojs/index.php/jpptk/article/view/125 Model pembelajaran STAD untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas XII IPS-1 2022-08-27T13:33:33+00:00 Indriati Suhiroh indris70@gmail.com <p>Sampai saat ini, mata pelajaran Bahasa Indonesia masih menjadi pelajaran wajib pada setiap jenjang pendidikan.Sayangnya, banyak kendala yang dihadapi seorang guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswanya. Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievements Divisions) diharapkan mampu membantu siswa mengatasi permasalahan ini. Adapun hal yang dibahas dalam penelitian ini, (a) bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya pembelajaran STAD pada siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Lumajang tahun pelajaran 2022/2023, (b) bagaimanakah pengaruh pembelajaran terhadap STAD terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas XII IPS 1 SMAN 2 Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (<em>action research</em>) sebanyak tiga siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahap. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. Data yang diperoleh berupa hasil uji kompetensi, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis hasil penelitian didapatkan data bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68), siklus II (72), siklus III (78). Sedangkan tingkat ketuntasan belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia juga meningkat, yaitu siklus I (60%), siklus II (80%), siklus III (92%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Lumajang tahun pelajaran 2022/2023, serta model pembelajaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia.</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Indriati Suhiroh https://pgrikotabjb.or.id/ojs/index.php/jpptk/article/view/123 Meningkatkan kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri siswa melalui program CERIA cerita anak di kelas IV 2022-05-17T02:47:22+00:00 Subanindro Subanindro bapaksubanindro@gmail.com <p>Kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri murid dapat ditingkatkan melalui program CERIA Cerita Anak. Program ini rutin dijalankan sebelum jam pelajaran pertama dimulai sekitar 10 sd 15 menit. Para murid mendapatkan giliran sebagai pencerita didepan kelas sesuai jadwal yang telah mereka buat sendiri. Tema yang diangkat sesuai pilihan atau kesukaan murid.&nbsp; Bahan cerita dapat dibuat sendiri atau berdasarkan buku cerita yang telah dibaca dari rumah. Cara menyampaikan cerita dapat langsung tanpa melihat bacaan. Namun demikian, bila ada murid yang masih kesulitan dalam penyampaian dapat menggunakan hasil gambar dalam suatu kertas. Guru yang mengawal di kelas dapat membantu menggali dengan bertanya terhadap apa yang dibaca murid. Diyakini dalam jangka panjang bila program ini dijalankan dengan disiplin dapat berdampak pada komuniaksi dan kepercayaan diri murid.</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Subanindro Subanindro https://pgrikotabjb.or.id/ojs/index.php/jpptk/article/view/128 Meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas V sekolah dasar menggunakan gaya mengajar komando dengan permainan tradisional 2022-09-22T06:44:24+00:00 Armansyah Armansyah supianhadi01@guru.sma.belajar.id Supian Hadi supianhadi01@guru.sma.belajar.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode mengajar komando melalui permainan tradisional dapat meningkatkan hasil kesegaran jasmani dalam pembelajaran penjas.jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek peneltian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Banua Anyar semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 21 orang terdiri dari 13 siswa putra, dan 8 siswa putri. Hasil penelitian siklus satu pertemuan satu diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami gerakan sehingga tes kesegaran jasmani rata-rata adalah 67 atau ketuntasan klasikal 14,28% dengan kategori sedang. Hasil dari siklus satu pertemuan dua meningkat menjadi dengan rata-rata tes kesegaran jasmani 70 ketuntasan klasikal 57,14% dengan kategori baik. Hasil penelitian siklus kedua pertemuan satu meningkat dengan nilai rata-rata tes kesegaran jasmani 72, ketuntasan klasikal 76,19%. Sedangkan hasil pertemuan siklus dua pertemuan dua diperoleh rata-rata nilai kesegaran jasmani, 74 dengan ketuntasan klasikal 85,71% dengan kategori baik Pembelajaran Materi Kebugaran jasmani dikatakan berhasil apabila tercapai ketuntasan klasikal di SD Negeri Banua Anyar pada materi kesegaran jasmani mata pelajaran penjaskes mencapai 75%. Sedangkan dipenelitian ini sudah mencapai 85,71%. Penggunaan metode modifikasi permainan melalui metode komando terbukti dapat meningkatkan keterampilan kesegaran jasmani siswa SD Negeri Banua Anyar semester genap tahun 2021-2022.</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Armansyah Armansyah, Supian Hadi https://pgrikotabjb.or.id/ojs/index.php/jpptk/article/view/126 Peningkatan kreativitas menulis cerpen dengan media koran pada siswa kelas IX 2022-09-22T06:35:49+00:00 Widarminto Widarminto widarmintowid@yahoo.com <p>Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan alur cerita dan selanjutnya dirangkai ke dalam kalimat yang akhirnya dapat membentuk sebuah cerita pendek yang menarik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian adalah di SMP Negeri 4 Bontang. Subjek yang dikenai tindakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 4 Bontang yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media berita koran dapat meningkatkan prestasi serta minat belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 4 Bontang.</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Widarminto Widarminto https://pgrikotabjb.or.id/ojs/index.php/jpptk/article/view/129 Penerapan metode pembelajaran daring dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 1 Guntung Manggis 2022-10-11T00:33:34+00:00 Ristiani Ristiani ristiani1022@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas III SDN 1 Guntung Manggis yang bisa dilihat dari nilai ulangan harian peserta didik yang mempunyai kriteria belum tuntas sebesar 60%, sedangkan viriteria tuntas 40%. hasil belajar rendah diakibatkan karena pembelajaran saat ini menggunakan aplikasi WhatsApp jadi ada beberapa peserta didik yang tidak memilikihandphone dan peserta didik itu pun ada yang tertinggal dengan pembelajaran tersebut, ada juga yang tidak terlalu faham dan kurang dalam pemahaman materi yang dikirimkan oleh pendidik melalui whatsApp. Untuk itu peneliti menerapkan metode pembelajara daring dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode pembelajaran I disini menggunakan aplikasi whatsApp grub, subyek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas III sejumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan hasil yang baik dengan konsistennya pendidik dalam memotivasi siswa dan orang tua peserta didik selaku pendamping belajar peserta didik dalam melakukan aktivitas didalam WhatsApp grub seperti memosting materi yang akan dipelajari, memberikan penjelasan tentang materi tersebut hingga pemberian tugas yang dikumpul.</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Ristiani Ristiani https://pgrikotabjb.or.id/ojs/index.php/jpptk/article/view/130 Implementasi pendekatan kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa 2022-10-11T00:37:50+00:00 Khalid Awaluddin khalidawaluddin84@guru.sd.belajar.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika materi perbandingan pada siswa kelas V (lima) SDN 1 Landasan Ulin Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada kelas V (lima) SDN 1 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru dengan total 21 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan nilai rata-rata tes pada siklus I (satu) sampai III (tiga) secara berurutan adalah 66,36; 72,72; 78,18. Untuk ketuntasan belajar siswa pada siklus I (satu) sampai III (tiga) mencapai 66,67%, 76,19%, 85,71%. Penelitian ini memuat temuan berupa rata-rata tes dan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan secara individu bahkan klasikal menggunakan pendekatan kontekstual.</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Khalid Awaluddin