Penggunaan metode pembelajaran kooperatif dalam usaha meningkatkan hasil belajar gerak dasar melompat peserta didik kelas V

Penulis

  • Djoko Nugroho Guru

DOI:

https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.9

Kata Kunci:

keterampilan gerak dasar melompat, metode kooperatif dan hasil belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran gerak dasar melompat melalui  penggunaan Metode Kooperatif  Pada Peserta Didik Kelas V (lima) SDN Sungai Langsat Kabupaten Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian dalam bentuk reflektif. Pengamatan pada waktu proses belajar mengajar berlangsung dan analisis data dilakukan berdasarkan pengamatan oleh supervisor. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V (lima) di SD SDN Sungai Langsat Kabupaten Banjar Tahun  ajaran 2019/2020. Jumlah peserta didik yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 18 orang  terdiri dari 11 peserta didik putra dan 7 peserta didik putri. Proses peningkatan kemampuan dan hasil belajar pada materi gerak dasar lompat sesudah diterapkan metode pembelajaran Kooperatif mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil penilaian kemampuan peserta didik menunjukkan peningkatan kemampuan peserta didik ditunjukkan dari hasil penilaian pengamatan awal 64 (kurang), pertemuan Siklus I (satu) 68 (cukup) dan pertemuan siklus II (dua) 84,95 (sangat baik).

Referensi

Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara Jakarta.

Arikunto, S. 2010. Evaluasi Pendidikan Jasmani. Bumi Aksara Jakarta.

Depdiknas. 2003. Penelitian Tindakan Kelas Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat tenaga kependidikal. Departeman Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2004. Pedoman Pembelajaran Tuntas. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Djumidar, M., Widya, A. 2004. Belajar Berlatih Gerak-Gerak Dasar Atletik Dalam Bermain. Jakarata: Rajawali Sport.

Lelono, D. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. ULM Banjarmasin.

Mashud, M. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704

Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 265–270. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194

Melograno. 1996. (http://www.guruit07.blogspot.com/2013/01/pengertian-metode-paikem-pembelajaran.htm). diakses 7 September 2013

Lutan, R. 2001. Mengajar Pendidikan Jasmani, Pendekatan Pendidikan Gerak Di Sekolah Dasar. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Suherman, A. 2001. Evaluasi Pendidikan Jasmani. Depertemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Yuliansyah. 2012. Peningkaatan Kualitas Pembelajaran Gerak Dasar Lari Melalui Pendekatan Metode Bermain Terhadap Peserta Didik SDN Gambut 5 Kecamatan Gambut. Hasil tidak diterbitkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-29

Cara Mengutip

Nugroho, D. (2021). Penggunaan metode pembelajaran kooperatif dalam usaha meningkatkan hasil belajar gerak dasar melompat peserta didik kelas V. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.9