Meningkatkan hasil belajar siswa kelas v menggunakan model corp horay pada materi keberagaman sosial budaya masyarakat Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.8Kata Kunci:
Hasil Belajar, Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia,CORP HORAYAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa serta menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada materi keberagaman sosial budaya masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan PTK dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan menggunakan kombinasi model CORP HORAY (Contekstual Teaching Learning, Role Playing, Course Review Horay). Pelaksanaan penelitian dilakukan pada kelas V SDN 3 Sungai Tiung Banjarbaru dengan total 15 siswa pada semesterrgenap tahun ajaran 2019/2020. Hasil0penelitian yang telah dilakukan menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV secara berurutan memperoleh kriteria baik, sangat baik, sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Untuk aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV perolehan persentase menunjukan 52%, 67% 78% dan 95. Untuk perolehan hasil belajar siswa pada pertemuan I sampai IV mencapai 44%, 59%, 78%, dan 96%. Penelitian ini memuat temuan berupa untuk aktivitas guru penelitian ini terlaksana dengan sangat baik, siswa sangat aktif, serta dapat membuat hasil belajar siswa meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu bahkan secara klasikal menggunakan kombinasi model CORP HORAY.
Referensi
Arikunto, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi aksara.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Solihatin, A. 2013. Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKN UNJ, I(2), 1-15.
Hamalik, O. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kunandar. 2011. Guru Profesional, Jakarta: Rajawali Pers
Mashud, M. (2015). Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Era Abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–196. https://doi.org/10.20527/multilateral.v14i2.2471.g2172
Mashud, M. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704
Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 265–270. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194
Sanjaya, W.2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Prenada Media.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dlam Kurikulum 2013, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2013. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. 2014. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tilaar. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional Tinjauan dari Perspektif Postmodemisme dan Studi Kutural, Jakarta: Kompas.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Khairi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.