Meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan video pembelajaran di saat pandemi Covid-19

Penulis

  • Novita Yuliarni SDN 2 Landasan Ulin Timur

DOI:

https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.5

Kata Kunci:

Supervisi Akademik, Video Pembelajaran, Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19

Abstrak

Hasil pengawasan yang dilakukan di lapangan, yaitu di SDN 2 Landasan Ulin Timur, masih ada guru yang kurang optimal dalam merancang dan video pembelajaran di masa pandemi Covid 19. Melihat kondisi pembelajaran yang demikian, khususnya dalam perancangan dan penggunaan video pembelajaran, dirasa perlu untuk memberikan pembinaan kepada guru melalui Supervisi Akademik. Penelitian dilakukan di SDN 2 Landasan Ulin Timur pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021, pada bulan Oktober – November 2020 (kurang lebih 2 bulan). Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah satu orang guru yaitu guru kelas VI B. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, penilaian pelaksanaan proses pembelajaran, dan instrumen observasi. Prosedur yang dilakukan ialah Penelitian Tindakan Sekolah melalui 2 siklus yang setiap siklusnya dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan video pembelajaran mengalami peningkatan. Pada aspek administrasi (perangkat) pembelajaran terjadi peningkatan sebesar 5 poin (±6%), aspek proses belajar-mengajar (PBM) terjadi peningkatan sebesar 17,8 poin (±28%), dan aspek komponen perancangan dan penggunaan video pembelajaran terjadi peningkatan sebesar 1 poin (±40%).

Referensi

Astuti, S. 2017. Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49–59.

Bahri, S. 2014. Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Profesioalisme Guru. Visipena, 5(1), 100–112.

Hendarman, & Rohanim. 2018. Kepala Sekolah sebagai Manajer: Teori dan Praktik. PT Remaja Rosdakarya.

Herlina, E. 2020. Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru SMP Negeri 2 Bungursari. Juripol, 3(1), 26–34.

Irawan, D., Wahyudin, A., & Yanto, H. 2018. The Moderating Influence of The Academic Supervision of Teacher Competencies and Commitment Towards Organizational of Teacher Performance SMA Kesatrian 2 Semarang city, Indonesia. Educational Management, 7(1), 64–70. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

Jurotun, Samsudi, & Prihatin, T. 2015. Model supervisi akademik terpadu berbasis pemberdayaan MGPM untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepengawasan, 2(1), 27–34.

Mashud, M., Tangkudung, J., & Widiastuti, W. (2018). Swimming Lesson Based on Interactive Multimedia. International Journal of Sports Science, 8(3), 91–96. https://doi.org/10.5923/j.sports.20180803.04

Mendiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 Tahun 2009 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan. Menteri Pendidikan Nasional.

Purwanto, I. 2019. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Di SMP Negeri 9 Mataram. Urnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 286–296.

Sugandi, E. 2019. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Supervisi Akademik dan Lesson Study. Edutech, 18(1), 102–120.

Susetya, B. 2017. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP melalui Supervisi Akademik di SD N Gambiran Yogyakarta Tahun 2016. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(2), 134–141.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-29

Cara Mengutip

Yuliarni, N. (2021). Meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan video pembelajaran di saat pandemi Covid-19. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 1(1), 50–56. https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.5