Upaya peningkatan hasil belajar passing bawah permainan bola voli dengan metode kerja kelompok pada siswa kelas X

Penulis

  • Muhammad Thowil Makhis SMA Negeri Balung

DOI:

https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.29

Kata Kunci:

permainan bola voli, metode kerja kelompok, passing bawah

Abstrak

Pelajaran permainan bolavoli diminati oleh sebagian banyak siswa karena sifatnya adalah bermain dan berkompetisi. Namun kenyataan di lapangan masih banyak kendala yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran permainan bolavoli. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk solusi permasalahan tersebut adalah metode kerja kelompok. Metode kerja kelompok pada pendidikan jasmani merupakan suatu langkah penyajian pelajaran dengan cara siswa mengerjakan tugas dalam situasi kelompok di bawah bimbingan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dari penerapan metode kerja kelompok pada pembelajaran passing bawah permainan bolavoli siswa. Penelitian ini berpendekatan deskriptif kuantitatif dan berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri Balung Kabupaten Jember sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada siklus 1 siswa yang mendapat nilai B = 0%, nilai C = 51% dan nilai D = 49%. Pada siklus 2 terdapat peningkatan nilai B = 5%, nilai C = 60% dan nilai D = 5%. Sedangkan pada siklus yang keempat nilai D : 0%, nilai C = 5%. Hasil tersebut menunjukkan jika penerapan metode kerja kelompok efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi belajar passing bawah permainan bolavoli siswa kelas X SMA Negeri Balung Kabupaten Jember.

Referensi

Abdullah, A., and A. Manadji. 1994. “Proyek Pembinaan Dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan.” Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Arikunto, Suharsimi. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Kusumawati, Naniek, and Endang Sri Maruti. 2019. Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Lubis, Ade Evriansyah. 2018. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVICE BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA SMP.” Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan 6(2):33–39.

Mashud. 2021. Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning (Kelas Pendidikan Jasmani/ PTK & Kelas Olahraga/ PTO). Vol. 51. Pertama. edited by S. Mustafa, Pinton and J. Samodra, Touvan. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Mashud, Mashud. 2016. “Model Sekolah Berwawasan Kebugaran Jasmani.” Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 15(1):75–86. doi: 10.20527/multilateral.v15i1.2485.

Mashud, Mashud. 2018. “Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani.” Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga 17(2):77–85. doi: 10.20527/multilateral.v17i2.5704.

Mashud, Mashud, Herita Warni, Syamsul Arifin, Muhammad Ferry, Pebriyandi Pebriyandi, and Advendi Kristiyandaru. 2021. “The Application of Discord as an Effort to Increase Students’ Wellbeing in Physical Education Learning during the COVID-19 Emergency.” Journal Sport Area 6(3):335–48. doi: 10.25299/sportarea.2021.vol6(3).6612.

Mudjiono, Dimyati dan. 2009. “Belajar Dan Pembelajaran.”

Paizaluddin, Ermalinda, and E. Ermalinda. 2016. “Penelitian Tindakan Kelas.” Bandung: Alfabeta.

Pidarta, Made. 2011. Manajemen Pendidikan Indonesia. Rineka Cipta.

Pidarta, Made. 2016. “Manajemen Pendidikan Dalam Era Globalisasi.” Jurnal Ilmu Pendidikan 5(2).

Yunus, M. 1992. “Olahraga Pilihan Bola Voli Jakarta.”

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-30

Cara Mengutip

Thowil Makhis, M. (2021). Upaya peningkatan hasil belajar passing bawah permainan bola voli dengan metode kerja kelompok pada siswa kelas X . JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 1(2), 153–161. https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.29