Upaya meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam dengan menggunakan metode role playing
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.121Kata Kunci:
hasil belajar, Role PlayingAbstrak
Dunia pendidikan mengalami perkembangan dalam mewujudkan generasi muda yang mampu menghadapi globalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas V SDN SN Karang Mekar 1 Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian menunjukan dimana kondisi awal (pra siklus) siswa yang nilainya diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 sebanyak 10 siswa atau 44% dan nilai yang dibawah KKM sebanyak 13 siswa atau 56%. Pada siklus I siswa yang nilainya diatas KKM sebanyak 14 siswa atau 61% dan nilai yang dibawah KKM sebanyak 9 siswa atau 39%. Pada siklus II siswa yang nilainya diatas KKM sebanyak 19 siswa atau 83% dan nilai yang dibawah KKM sebanyak 4 siswa atau 17%. Kenaikan Hasil belajar tersebut juga dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas meningkat dari sebelum menggunakan metode Role Playing sebesar 72 pada siklus I menjadi 73 dan pada siklus II menjadi 81. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN SN Karang Melar 1 Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI khususnya pada materi Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas V di SDN SN Karang Mekar 1 Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019.
Referensi
Abdurrahman, Masykuri dan Mokh. Syaiful Bakhri, 2006. Kupas Tuntas Shalat Tata Cara dan Hikmahnya. Jakarta: Erlangga.
Arif, Armai, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.
Arikunto, Suharsimi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Ash Shiddieqy, Hasbi, 1993. Pedoman Shalat. Jakarta: Bulan Bintang.
Dawud, Abu, Mukhtasar. 1999. Sunan Abi Dawud. Bairut: Darul Ma’rifah.
Hardini, Isriani dan Dewi Puspita S. 2005. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia Press.
Kunandar, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
Mashud. 2021. Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning (Kelas Pendidikan Jasmani/ PTK & Kelas Olahraga/ PTO). Vol. 51. Pertama. edited by S. Mustafa, Pinton and J. Samodra, Touvan. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Mashud, M., & Ihwanto, N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama Siswa Kelas V Melalui Google Meet Dengan Memanfaatkan Video Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19. Jendela Olahraga, 7(1), 35–49. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8604
Ma’mur Asmani, Jamal, 2011. Tujuh Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: DIVA Press.
Mulyono, 2011. Strategi Pembelajaran. Malang: UIN MALIKI PRES.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Siti Aisyah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.