Meningkatkan kemampuan guru menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran melalui pendekatan supervisi klinis
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.119Kata Kunci:
kemampuan guru, pembelajaran kooperatif, supervisi klinisAbstrak
Pembelajaran bermutu di sekolah merupakan kewajiban bagi guru secara umum, namun demikian hal ini masih belum dilakukan dengan maksimal oleh guru, dan guru belum banyak kreatif menggunakan model-model pembelajaran maupun teknik-teknik pendekatan yang baru. Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru mengunakan model pembelajaran kooperatif di SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin melalui supervisi klinis. Lokasi tempat untuk melakukan penelitian tindakan sekolah ini adalah di SDN Pemurus Luar 1 Bajarmasin. Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas VI. Sedangkan waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 12 Januari sampai 25 Maret 2019. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menjelaskan perubahan perilaku guru dalam pembelajaran dan perilaku peneliti dalam melaksanakan supervisi guru. Adapun analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui keberhasilan guru dan siswa berdasarkan standar kompetensi guru yang telah ditetapkan oleh Depdiknas. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada siklus 1 memperoleh hasil 58,88% yang termasuk kategori cukup atau belum berhasil sedangkan pada siklus 2 memperolah hasil 89,08% termasuk kategori amat baik atau sudah berhasil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pendekatan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru mengunakan model pembelajaran kooperatif di SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin.
Referensi
Agus, Suprijono. 2009. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Herawati dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media.
Mashud. 2021. Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning (Kelas Pendidikan Jasmani/ PTK & Kelas Olahraga/ PTO). Vol. 51. Pertama. edited by S. Mustafa, Pinton and J. Samodra, Touvan. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Mashud, M., & Ihwanto, N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama Siswa Kelas V Melalui Google Meet Dengan Memanfaatkan Video Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19. Jendela Olahraga, 7(1), 35–49. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8604
Mujtahid, Achmad. 2011. Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui Metode Numbered Head Together (NHT). UMS
Purnama Sari, Ika. 2011. Studi Komparasi Metode Team Assisted Individualization (TAI) Dan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Matematika. UMS
Rubiyanto, Rubino. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: UMS.
Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfa Beta.
Samino dan Saring Marsudi. 2011. Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairus Media.
Samino. 2009. Pengantar Manajemen Pendidikan Membangun Nilai -nilai Keilmuan dan Keislaman Berbasis Nasional. Surakarta: Fairus Media
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenata Media
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhin ya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: CV. Citra Mandiri Utama
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik . Jakarta: Prestasi Pustak
Wayan AS., I, (2010). Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dan Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Kepala Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran Serta Bahan Belajar Mandiri Dimensi Kompetisi Kepala Sekolah. Jakarta: Az-Zahra Books 8.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ahmad Baihaqi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.