Meningkatkan kompetensi pedagogik guru non-kependidikan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran melalui supervisi akademik

Penulis

  • Ahmad Basahil SDN Melayu 2 Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.118

Kata Kunci:

kompetensi pedagogik, supervisi akademik

Abstrak

Guru sebagai ujung tombak pendidikan dan sebagai penentu keberhasilan dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dituntut untuk memiliki profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tenaga pengajar. Dalam menjalankan tugasnya guru harus mampu menyusun dan mengembangan rencana pembelajaran, namun penyusunan rencana pembelajaran menjadi permasalahan tersendiri bagi guru yang berlatar belakang non kependidikan.  Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah  untuk membantu meningkatkan kompetensi  paedagogik guru guru di SDN melayu 2 Banjarmasin yang tidak memiliki latar belakang pendidikan keguruan, dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi masing-masing pelajaran agar dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran  sehingga peserta didik mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan  sekolah, terdiri atas perencanaan tindakan,  pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru yang tidak memiliki latarbelakang Pendidikan keguruan berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru non kependidikan dalam menyusun rencana pembelajaran.

Referensi

Arikunto, S. 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineksa Cipta.

Gunawan, Ary H. 1996. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta.

Mashud. 2021. Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning (Kelas Pendidikan Jasmani/ PTK & Kelas Olahraga/ PTO). Vol. 51. Pertama. edited by S. Mustafa, Pinton and J. Samodra, Touvan. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Mashud, Mashud. 2020. “The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5(2):265–70. doi: DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194.

Mulyasa, E. 2013. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Ed.I. Cet. III. Jakarta: Bumi Aksara.

Maunah, Binti, 2009, Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Sukses Offset

Mukhtar & Iskandar, 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press

Pidarta, Made, 2009, Supervisi Pendidikan Konstektual, Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto, M. Ngalim. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. XXI; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful, 2010, Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyanto, 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo.

Wahyudi. 2009. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Cet.II. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-30

Cara Mengutip

Basahil, A. (2021). Meningkatkan kompetensi pedagogik guru non-kependidikan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran melalui supervisi akademik. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 1(2), 162–173. https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.118