Meningkatkan kompetensi pedagogik guru non-kependidikan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran melalui supervisi akademik
DOI:
https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.118Kata Kunci:
kompetensi pedagogik, supervisi akademikAbstrak
Guru sebagai ujung tombak pendidikan dan sebagai penentu keberhasilan dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dituntut untuk memiliki profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tenaga pengajar. Dalam menjalankan tugasnya guru harus mampu menyusun dan mengembangan rencana pembelajaran, namun penyusunan rencana pembelajaran menjadi permasalahan tersendiri bagi guru yang berlatar belakang non kependidikan. Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk membantu meningkatkan kompetensi paedagogik guru guru di SDN melayu 2 Banjarmasin yang tidak memiliki latar belakang pendidikan keguruan, dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi masing-masing pelajaran agar dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah, terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru yang tidak memiliki latarbelakang Pendidikan keguruan berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru non kependidikan dalam menyusun rencana pembelajaran.
Referensi
Arikunto, S. 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineksa Cipta.
Gunawan, Ary H. 1996. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta.
Mashud. 2021. Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning (Kelas Pendidikan Jasmani/ PTK & Kelas Olahraga/ PTO). Vol. 51. Pertama. edited by S. Mustafa, Pinton and J. Samodra, Touvan. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Mashud, Mashud. 2020. “The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5(2):265–70. doi: DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194.
Mulyasa, E. 2013. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Ed.I. Cet. III. Jakarta: Bumi Aksara.
Maunah, Binti, 2009, Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Sukses Offset
Mukhtar & Iskandar, 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press
Pidarta, Made, 2009, Supervisi Pendidikan Konstektual, Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto, M. Ngalim. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. XXI; Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful, 2010, Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyanto, 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo.
Wahyudi. 2009. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Cet.II. Bandung: Alfabeta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ahmad Basahil
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.