Pendampingan anak yang memiliki kesulitan belajar “Disleksia’’ di Sekolah

Penulis

  • Dewi Rosmawati SD Negeri 21 JOPO Kabupaten Sekadau
  • Y. Touvan Juni Samodra Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.11

Kata Kunci:

disleksia, berkebutuhan khusus, layanan pendidikan.

Abstrak

SD Negeri 21 Jopo terletak di wilayah dusun jopo desa Cupang Gading Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau siswa 39 orang, diantara jumlah siswa terdapat satu orang siswa yang membutuhkan bimbingan khusus. Siswa tersebur bernama Satria (12th) dilahirkan tanpa seorang ayah, memiliki ciri kulit yang besisik di seluruh tubuhnya yang memang genetic dari ibunya, sehingga sering dijauhi oleh teman-temannya. Secara fisik mungkin tidak terlalu berbeda dari siswa lainnya tapi secara psikis dia menjadi orang yang hiperaktif, tidak bisa diam dan tidak bisa focus dalam kegiatan pembelajaran,sehingga dia jauh ketinggalan pelajaran dari teman-temannya yang lain. Tujuan dari best practice ini untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada siswa ini meskipun hanya 1 orang. Metode yang dipergunakan dengan melakukan kegiatan bimbingan khusus untuk siswa tersebut dengan pendekatan “Humanistik” memanusiakan manusia, menganggap semua manusia sama tanpa membedakan fisik maupun psikisnya. Pelaksanaan kegiatan dilakukan du acara, pertama dengan pembelajaran yang menyenangkan dan pemahaman persepsi positif terhadap teman sekelas. Kedua diadakan bimbingan khusus setelah jam sekolah, sehingga siswa (Satrio) mendapatkan pelayanan lebih. Hasilnya Satrio sekarang sudah duduk di kelas 3 dan dapat bersosialisasi dengan teman-teman di sekolah. Meskipun hasil nilai tidak dapat melebih teman yang lain Satrio tetap bersemangat untuk belajar memiliki hati yang baik, semangat yang tinggi untuk terus bersekolah dan paling rajin dalam setiap kegiatan bersih-bersih sekolah dan menjadi sumber refleksi inspirasi guru dan teman sebaya.

Referensi

Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra.

Ainnayyah, R., Maulida, R. I., Ningtyas, A. A., & Istiana, I. (2019). Identifikasi Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Interaksi Sosial. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi). https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p48-52

Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care.

Faizin, I. (2020). STRATEGI GURU DALAM PENANGANAN KESULITAN BELAJAR DISLEKSIA. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.26877/empati.v7i1.5632

Hasanah, C. W., Khairun, D. Y., & Nurmal, M. D. (2021). KESULITAN BELAJAR MEMBACA (DYSLEXIA) DAN ALTERNATIF PENANGANANNYA. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7580

Indriastuti, F. (2015). PENGEMBANGAN BUKU AUDIO UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DISLEKSIA. Jurnal Kwangsan. https://doi.org/10.31800/jtpk.v3n2.p91--106

Jesslin, J., & Kurniawati, F. (2020). Perspektif Orangtua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi). https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p72-91

Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Abadimas Adi Buana. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632

Lestari, I. (2014). Dysfun Course (Kursus Membaca dan Menulis Pertama di Indonesia Bagi Anak-anak yang Mengidap Disleksia). In Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Program Kreativitas Mahasiswa - Kewirausahaan 2014.

Lidwina, S. (2012). Disleksia Berpengaruh pada Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal STIE Semarang.

Mashud, M. (2020a). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 265–270. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194

Mashud, M. (2020b). The Learning Effectiveness of Basic Throwing Movement Through Playing Approach. 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019) The, 407(Sbicsse 2019), 23–30. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200219.007

Miftakhul Jannah. (2020). Studi Deskripsi : Perekonomian Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2293

Noorhayati, H. (2011). Kaedah Syakir Belajar Membaca: Kajian Tindakan Bagi Membantu Murid Disleksia Belajar Membaca. Univerisiti Sains Islam Malaysia.

Prasetya, D., & Widiyaningtyas, T. (2010). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Web untuk Anak Berkesulitan Membaca ( Disleksia ) APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB. Konferensi Nasional Dan Workshop APPI.

Prasetyowati, C. W. (2014). Pengaruh Game Digital Terhadap Metode Intervensi Anak Disleksia. Creativitas.

Putri, A. A. H. (2020). Konseling kelompok Realitas untuk menurunkan stres pada ibu dengan anak berkebutuhan khusus. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi. https://doi.org/10.22219/procedia.v7i1.12978

Rofisian, N., Widya, U., & Klaten, D. (2018). Konsep pendidikan karakter pada anak berkebutuhan khusus. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Tema: Membumikan Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Inklusi.

Ronaldi Saleh Bin Umar, Fadilahwati Abdul Rahman, F. M. & N. A. A. (2011). Menggunakan Animasi di dalam Instruksi Khas untuk Kanak-Kanak Disleksia. Jurnal Teknologi Pendidikan Malaysia.

Saleh, R., Umar, B., Rahman, F. A., Lukis, F. S., Seni, D., Dan, R., & Pendidikan, F. (2011). Menggunakan Animasi di dalam Instruksi Khas untuk Kanak-Kanak Disleksia Fattawi Mokhtar & Nor Aziah Alias. Jurnal Teknologi Pendidikan Malaysia Jilid.

Supena, A., & Dewi, I. R. (2020). Metode Multisensori untuk Siswa Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.623

Tantiani, F. F. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Sains Psikologi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-29 — Diperbaharui pada 2021-05-29

Cara Mengutip

Rosmawati, D., & Juni Samodra, Y. T. (2021). Pendampingan anak yang memiliki kesulitan belajar “Disleksia’’ di Sekolah. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 1(1), 92–99. https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.11