Meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui permainan dadu di kelompok bermain Paud terpadu Qathrun Nada Banjarmasin

Penulis

  • Sakerani Sakerani Paud Qathrun Nada Banjarmasin
  • Hayatun Nufus Paud Qathrun Nada Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.10

Abstrak

Kemampuan kognitif anak dalam berhitung masih sangat rendah oleh karenaya perlu dilakukan upaya lain dalam meningkatkan kemampuan anak tersebut, dalam hal ini peneliti mencoba dengan kegiatan bermain dadu anak Kelompok Bermain (KB) dalam menyebutkan urutan bilangan 1-10, dengan harapan kemampuan anak akan meningkat. Kognitif yang menjadi fokus penelitian adalah suatu proses berfikir yakni kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Proses kognitif berhubungan dengan tingkat kecerdasan yang mencirikan seseorang dengan berbagai minat terutama sekali ditujukan kepada ide-ide dan belajar. Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis, reflektif terhadap “Aksi” atau tindakan yang dilakukan oleh guru atau pelaku mulai dari perencanaan sampai dengan penilaian terhadap tindakan nyata di dalam kelas yang berupa kegiatan pembelajaran mengajar untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan. Subjek penelitian ini adalah anak didik KB Paud Terpadu Qathrun Nada Banjarmasin yang berjumlah 12 orang, dengan rentang usia berkisar antara 3-4 tahun. Data penelitian di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis data. Berdasarkan kegiatan pembelajaran pada anak melalui permaianan dadu pada siklus I dan Siklus II. Berikut ini perbandingan hasil observasi peningkatan kemampuan kognitif pada anak melalui permainan dadu Kegiatan 1 menghitung mata dadu 1 memperoleh hasil BSH 8 orang anak 40% dan 4 Hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan kesiapan berhitung anak dari siklus I meningkat lagi pada siklus II yaitu memperoleh Nilai BSH 10 orang anak 71%. Artinya bermain dadu dapat meningkatkan kemampuan Kognitif dalam berhitung. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa; Kemampuan berhitung anak didik meningkatkan dari pra siklus ke siklus I kemudian ke siklus II secara signifikan dengan media dadu di KB Paud Terpadu Qathrun Nada Banjarmasin, media dadu dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam kegiatan berhitung di KB Paud Terpadu Qathrun Nada Banjarmasin.

Referensi

Apriliani, N. W., Agung, A. G., & Kristiantari, M. R. 2013. Penerapan Model Number Head Together dengan Media Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 1.1 (2013).

Musfiroh, T., Tatminingsih, S. 2015. Bermain dan Permainan Anak Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, I., Kuswaya, W. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wulandari, P. D., Wirya, N., Tirtayani, L. A., Psi, S., & Psi, M. 2014. Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 2(1).

Wulandari, P. D., et al. 2014. Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 2.1 (2014).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-29 — Diperbaharui pada 2021-05-29

Cara Mengutip

Sakerani, S., & Nufus, H. (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui permainan dadu di kelompok bermain Paud terpadu Qathrun Nada Banjarmasin. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 1(1), 57–71. https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.10